Saturday, November 17, 2012

tugas ekonomi

TUGAS EKONOMI

  1. Kebutuhan Anda sebagai siswa!
  2. Bagaimana ilmu Ekonomi mengatur agar semua kebutuhan yang tidak terbatas bisa dipenuhi dengan sumber daya yang terbatas!
  3. Ceritakan sebuah kisah tentang biaya peluang yang pernah Anda alami selama ini !
  4. Menurut Anda, Indonesia lebih tepat menganut sistem ekonomi apa? Berikan penjelasan !
 Jawaban :

1.-Seragam
   -Buku
   -Alat tulis
   -Tenaga Pengajar
   -Sepatu
   -Alat transportasi
   DLL

2.Ilmu ekonomi memberika ketentuan ketentuan dan alternatif pilihan dalam menghadapi masalah kelangkaan
sumber daya tersebut seperti dengan Melakukan Penghematan, Membuat skala prioritas, Dan Membatasi Penggunaan barang / sumber daya tersebut .

3.pada saat saya duduk di bangku SMP . pada saat itu saya berangkat menggunakan kendaraan umum. suatu hari saya berfikir untuk berangkat menggunakan ojek atau angkutan  umum. kalau saya menggunakan ojek saya membayar rp.20.000 untuk kesekolah , sedangkan untuk naik angkutan umum saya hanya mengeluarkan  rp.3.000 .pada akhirnya saya memilih berangkat menggunakan angkutan umun yang lebih murah.

4.sistem ekonomi campuran, karena dilihat dari bangsa indonesia sendiri yang pemerintahnya tidak bisa memegang semua sektor industri dan banyaknya perusahaan swasta di bangsa ini. jadi lebih baik semua sektor industri yang vital bagi negara seperti minyak,linstrik,perbankan, dll di pegang oleh pemerintah . dan untuk sektor industri lain boleh di pegang oleh swasta seperti industri makanan, rumah sakit,dll. mengingat negara indonesia yang sedang berkembang serta jumlah rakyat yang banyak dan produktif , mungkin sistem ekonomi campuran lebih cocok di gunakan.

No comments:

Post a Comment